NASIONALTERBARU

Temung Serama Pakan Jaran asal Kabupaten Sumbawa Barat Kembali menggema di Istana Negara

Jakarta – Tim Kesenian Asal Kabupaten Sumbawa Barat kembali tampil di Istana Negara. Setelah tahun sebelumnya pada peringatan HUT RI Ke 77, Tim Kesenian asal Kabupaten Sumbawa Barat tampil dengan membawakan tarian Isong Bale, kali ini tampil dengan materi pementasan musik temung Serama pakan jaran. Suara serunai kembali melengking, mengisi suasana perayaan 17 Agustus ke 78 Tahun 2023.

Di hadapan para tamu undangan VVIP pada saat sebelum pelaksanaan peringatan detik detik proklamasi, tim Kesenian tampil dengan sangat memukau. Tabuhan gong genang memecah suasana ditambah dengan ekspresi para pemain yang energik, turut memancing para penonton untuk memberikan aplause dalam penampilan tersebut.

Tim yang terdiri dari 30 orang seniman tersebut, memainkan alat musik temung Serama pakan jaran selama kurang lebih 5 jam dengan tampilan 5 materi yaitu bakelong, malangko, Serama, pakan jaran, dan Kolaborasi keseluruhan materi Kesenian tersebut. Dalam keterangan ketua pelatih Surdiana S. Pd menyebutkan bahwa temung Serama pakan jaran menggambarkan keceriaan masyarakat Sumbawa Barat dalam keseharian. Sehingga permainan para pemusik dalam memainkan alat musiknya penuh dengan kegairshan dan keceriaan.

Rombongan Tim Kesenian Kabupaten Sumbawa Barat langsung dipimpin oleh Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM. Tim telah tiba dua hari sebelumnya di Jakkarta, dan melakukan persiapan – persiapan termasuk melaksanakan gladi bersih di Istana Negara. Terpilihnya Tim KSB untuk mengisi acara di Istana Negara, sebelumnya telah melewati proses penilaian Tim dari Istana, dan dianggap layak untuk tampil pada cara perayaan 17 Agustus tahun 2023.

Related posts

Penerima Manfaat Program RTLH Tak Menerima Uang Tunai

Tim Redaksi

Pemerintah KSB Sebut Progres Rehabilitasi dan Pembangunan RTLH Capai 80 Persen

Tim Redaksi

Pemda KSB Larang Menggunakan Saluran Drainase Sebagai Tempat Usaha

Tim Redaksi

Leave a Comment