SUMBAWATERBARU

Buka Kegiatan Unram-Undova Mengabdi 2023. Bupati KSB Siapkan Bantuan Dana Riser Setiap Tahun

Media Informasi, Sumbawa Barat — Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM buka kegiatan UNRAM – UNDOVA Mengabdi 2023 Kabupaten Sumbawa Barat di Aula Hanipati Resto Taliwang, Sabtu (05/08/2023) pagi.

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Negeri Menuju KSB Emas” ini merupakan program pengabdian pertama yang dilakukan secara kolaborasi dengan tujuan untuk membangun masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat yang maju dan sejahtera. Selain itu program ini merupakan titik pencapaian tertinggi dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yakni merealisasikan ilmu untuk kemajuan masyarakat.

Diawali dengan jalan sehat dan tanam pohon bersama Pemkab. Sumbawa Barat, Civitas Akademika Universitas Mataram, dan Civitas Akademika Universitas Cordova, kegiatan ini menurut laporan Ketua Panitia merupakan kegiatan puncak yang mana sebelumnya telah diawali dengan pelepasan mahasiswa KKN di Kecamatan Poto Tano, Desa Meraran, Desa Batu Putih, Desa Banjar dan Desa Seminar Salit.

Rektor Universitas Cordova Dr. K.H. Zulkifli Muhadli, S.H., M.M. dalam sambutannya menyampaikan suatu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi seluruh Civitas Akademika UNDOVA karena bisa disandingkan dengan UNRAM pada program ini. Padahal menurut Buya sapaan akrab beliau, UNDOVA sangat jauh berada di bawah UNRAM. “Ini seperti mimpi bagi saya, saya sangat bahagia dan bangga UNDOVA bisa disandingkan dengan UNRAM pada program kolaborasi ini. Saya berharap kolaborasi ini akan terus berlanjut kedepannya. Kegiatan ini mampu mengangkat moral dosen dan mahasiswa UNDOVA”, singkat Buya.

Sementara di kesempatan yang sama, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi UNRAM Prof. Akmaluddin, S.T., M.Sc. (Eng), Ph.D. mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian yang pertama kali dilakukan UNRAM di Luar Pulau Lombok dan pertama kali juga dilakukan secara kolaborasi.

Bupati menyebutkan bahwa 5 jalan telah dibangun; jalan tanah bahwa seluruh daerah di KSB sudah tersambung dengan jalan beraspal dan tidak ada daerah terisolir, jalan api bahwa semua desa di KSB telah dialiri listrik, jalan angin bahwa semua desa di KSB telah terjangkau sinyal, jalan air bahwa seluruh daerah di KSB telah tersambung dengan aliran irigasi pertanian dan yang paling berat adalah membangun jalan pikiran masyarakat. Bagaimana kedepannya pikiran dan mental masyarakat KSB siap dalam menghadapi berbagai ujian dalam membangun dan mengembangkan KSB. Oleh sebab itu, sebagai salah satu upaya untuk membangun jalan pikiran dan memperkuat kerja kolaborasi, Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM akan menyiapkan bantuan dana riset setiap tahunnya kepada dosen dan mahasiswa UNRAM, serta dosen dan mahasiswa UNDOVA yang risetnya mempunyai hasil yang bisa diimplementasikan di KSB.

Program-program kolaborasi ini menurut Bupati akan terus didukung demi terwujudnya KSB Baik yang Baldhatun Toyyibatun Warabbun Ghafur.

Di akhir sambutan, Bupati menekankan kepada seluruh masyarakat khususnya kepada para mahasiswa untuk berhenti memainkan diksi-diksi kekerasan dan provokatif apalagi sekarang memasuki tahun-tahun politik. “Berkatalah yang sopan dan benar”, singkat Bupati.

Pada momentum ini pula dilakukan Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNRAM Kabupaten Sumbawa Barat Periode Tahun 2023-2027. (Bon/ProkopimKSB).

Related posts

Ancaman Tidak Dapat Pengembalian Dana HDG dari Mitra Mengintai

Tim Redaksi

Bupati KSB Minta Para AGR Perkuat Keberadaan Posyandu

Tim Redaksi

Izin Pinjam Pakai Lahan Terbit, Land Clearing Area Genangan Tiu Suntuk Bisa Segera Dikerjakan

Tim Redaksi

Leave a Comment