SUMBAWATERBARU

Wakil Bupati KSB Tutup Kegiatan Mengajar Desa 2.0 Sumbawa di Desa Rarak Ronges

Media Informasi, Sumbawa Barat — Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST hadiri Kegiatan Closing Ceremony Mengajar Desa 2.0 bertempat di SDN Rarak dan SMPN 3 Satap Brang Rea Desa Rarak Ronges Kecamatan Brang Rea pada Sabtu (22/07/2023), pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 15-23 Juli 2023 ini merupakan salah satu gerakan pendidikan terbesar di Indonesia yang berada di bawah naungan Yayasan Generasi Sahabat Pendidikan. Berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia khususnya pemuda, Kegiatan Mengajar Desa 2.0 Sumbawa di Desa Rarak Ronges Kecamatan Brang Rea ini berfokus pada pendidikan, kesehatan, dan ekowisata.

Menurut Jihad Fatahillah selaku Leader Gerakan Mengajar Desa NTB bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan ke-2 yang telah dilaksanakan, yang sebelumnya telah dilaksanakan di Desa Sembalun, Lombok Timur. “Gerakan Mengajar Desa NTB di Desa Rarak Ronges merupakan Gerakan ke-2 yang kami selenggarakan. Gerakan ini dilaksanakan 2 kali dalam setahun yang dilakukan pada saat libur semester. Program-program yang telah dijalankan dalam Bidang Kesehatan yakni Sosialisasi Stunting, Edukasi Sikat Gigi dan PHBS, Cek Kesehatan Gratis. Pada Bidang Pendidikan kami mengusung Merdeka Belajar, tidak hanya berfokus pada pendidikan kelas formal, namun juga pada kelas non formal. Kemudian pada Bidang Ekowisata, kami membuat video promosi yang sudah bekerja sama dengan media-media partner”, jelas Jihad dalam laporannya.

Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST dalam sambutannya sangat mengapresiasi gerakan yang dilaksanakan oleh Tim Mengajar Desa 2.0 Sumbawa. Menurut Wabup selain proses transfer ilmu dan pengalaman, gerakan ini juga merupakan kegiatan sharing budaya. “Bergerak sebagai aksi sukarela, Adik-adik Relawan Mengajar Desa 2.0 Sumbawa di Desa Rarak Ronges telah memberikan waktu, tenaga dan pikiran mereka untuk masyarakat. Kalian adalah generasi yang memiliki semangat, etos kerja, dan silaturrahim yang baik. Gerakan perubahan yang kalian lakukan saat ini mungkin tidak akan cepat terlihat hasilnya, tapi akan berbekas di hati masyarakat. Insya Allah ilmu dan pengalaman yang kalian berikan bisa menjadi bekal bagi adik-adik kalian di masa yang akan datang”, tutup Wabup.

Di akhir kegiatan, Wakil Bupati Sumbawa Barat juga berkesempatan untuk meresmikan Ruang Baca Anak. (Bon/ProkopimKSB).

Related posts

Bupati KSB Dampingi Gubernur NTB Buka Balona Festival Kertasari

Tim Redaksi

Kolaborasi Satpol PP Bersama BNN Dalam Operasi Bersinar

Tim Redaksi

Temung Serama Pakan Jaran asal Kabupaten Sumbawa Barat Kembali menggema di Istana Negara

Tim Redaksi

Leave a Comment