SUMBAWATERBARU

Bupati KSB Terima Kedatangan Tim STBM Award

Sumbawa Barat – Tim STBM Award kembali mengunjungi Kabupaten Sumbawa Barat untuk menilai kembali kinerja di bidang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Tim yang terdiri dari 6 orang ini tiba di Graha Fitrah Kantor Bupati Sumbawa Barat pada siang hari Selasa (26/09/2023), diterima langsung oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati didampingi oleh Asisten 1 Setda KSB, Drs. Mulyadi, M. Si, serta beberapa jajaran dinas terkait.

Alutsia Widiastuti, SKM, M. Si dari Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, selaku Ketua rombongan, menyampaikan bahwa kedatangan mereka ke Kabupaten Sumbawa Barat adalah untuk mengapresiasi KSB yang telah berhasil melewati tahapan verifikasi dokumen lapangan.

Lebih lanjut, Alutsia menegaskan bahwa penghargaan STBM Award 2023 kali ini akan melibatkan pihak ketiga yang akan berfungsi sebagai silent observer.

Di sisi lain, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. Musyafirin., MM, mengungkapkan bahwa tahun 2021, KSB telah meraih penghargaan STBM Award. Namun, beliau juga menegaskan bahwa lebih mudah membangun daripada mempertahankan. Program STBM merupakan inisiatif awal saat beliau menjabat sebagai Bupati.

Dalam upaya mewujudkan program tersebut, Kabupaten Sumbawa Barat menggunakan instrumen yang menarik, yaitu Perda Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong. Program ini diperkuat oleh partisipasi 700 Agen Gotong Royong yang menjadi motor penggerak utama dalam program ini. Melalui mereka, terlihat jelas bagaimana seni gotong royong menjadi sebuah kekuatan.

“Setiap tindakan yang mereka lakukan akan dilaporkan, dan diadakanlah Forum Yasinan setiap malam Jumat setelah Isya sebagai bagian dari upaya kami,” tegas Bupati. Program ini diharapkan terus berjalan dengan baik guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Sumbawa Barat. (Bon).

Related posts

Temu Teknis di KSB untuk Meningkatkan Keamanan Pangan Daerah

Tim Redaksi

Survei: Mayoritas Basis PDIP Pilih Ganjar Jadi Capres

Tim Redaksi

Wakil Bupati KSB Tutup Kegiatan Mengajar Desa 2.0 Sumbawa di Desa Rarak Ronges

Tim Redaksi

Leave a Comment